Teknik Elektro

Sekolah Tinggi Teknologi Banten (STTB) didirikan berdasarkan Keputusan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor : 31/D/O/2004 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Dan Pendirian Sekolah Tinggi Teknologi Banten (STTB) tertanggal 1 Maret 2004.

Visi program studi adalah menjadi program studi yang memiliki keunggulan dalam bidang keilmuan dan kemampuan mencetak lulusan dengan kepribadian luhur dan daya kompetitif dalam bidang teknik elektro.

Sementara misi yang dilakukan program studi adalah :

  1. Meningkatkan mutu proses belajar mengajar melalui optimalisasi aspek kependidikan dan proses adaptasi yang baik dengan perkembangan teknik elektro di lapangan, disertai pembangunan karakter ilmiah yang ajeg.
  2. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang profesional dengan berlandaskan prinsip perbaikan keberlanjutan, transparasi, dan adaptif dengan perkembangan dunia kerja.
  3. Memberikan pelayanan optimal kepada segenap sivitas akademika, baik dalam bidang administrasi maupun akademis, sesuai dengan kapasitas dan aturan yang berlaku di lingkungan STTB.
  4. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian yang mengembangkan aspek keilmuan dan aplikasi dalam bidang teknik elektro.
  5. Meningkatkan kontribusi lembaga dalam bidang teknik elektro yang bermanfaat bagi masyarakat lulus melalui kegiatan layanan dan lulusan yang kompetitif dan unggul.

Tujuan yang ingin dicapai program studi adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan keilmuan dan keterampilan yang reliabel, sehingga mampu menjawab berbagai permasalahan dalam bidang teknik elektro.
  2. Menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi terutama pada bidang teknik elekto yang pesat dan mampu mengembangkan jiwa entepreneurship dalam bidang teknik elektro.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepribadian yang etis dan ilmiah, dan mampu beradaptasi dengan berbagi lingkungan kerja yang ditemuinya kelak.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kebermanfaatan bagi dirinya dan masyarakat luas.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi aktif yang positif bagi pembangunan bangsa secara umum.

Ketua program studi juga dibantu oleh seorang Sekretaris Program Studi yang memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut :

  • Melaksanakan seluruh kegiatan administratif dalam lingkup kinerja sekretaris program studi.
  • Mambatu ketua program studi melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi seluruh kinerja program studi.
  • Mewakili ketua program studi menjalankan seluruh kinerja, bila ketua program studi berhalangan sementara.

Terkiat dengan penjaminan mutu, program studi/sekolah tinggi sudah membentuk Lempaga Penjamin Mutu yang berdiri sendiri, kegiatan penjaminan putu sekarang ini dilakukan oleh SPMI (Satuan Penjamin Mutu Internal) bekerja sama dengan pimpinan perguruan tinggi dan program studi. Langkah yang sudah dilakukan sekarang ini adalah menyusun kebijakan penjaminan mutu, pedoman penjaminan mutu berikut standar oprasional. Kebijakan penjaminan mutu sudah selesai disusun dan saat ini tahap sosialisasi dan dijadikan pedoman baku. Sementara standar oprasional prosedur untuk setiap kegiatan, sudah selesai 150 dokumen dan sedang proses sosialisasi. Kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan di program studi sekarang ini meliputi : a) Penilaian Kinerja Dosen, b) Penelitian Dosen, c) Proses kegiatan perkuliahan.